Senin, 20 Mei 2013

Manfaat kelapa Muda

Ketika mendengar kata “kelapa muda” terlintas dalam benak kita suasana pantai nan segar ditemani oleh kelapa muda itu sendiri. Menikmati air kelapa muda dan daging buahnya yang manis dan menyegarkan! Hampir semua orang menyukai kelapa muda karena rasanya dapat melepaskan dahaga.
Buah kelapa sendiri memiliki nama ilmiah Cocos nucifera. Asalnya sendiri belum bisa dipastikan sehingga masih diduga berasal dari daerah Pasifik Barat Daya. Ada banyak kegunaan buah kelapa apakah daunnya, batang hingga buahnya. Nah, salah satu yang paling bermanfaat adalah buah kelapa muda. Mari kita mengenal lebih dalam tentang manfaat buah kelapa muda.
Beragam Manfaat Kelapa Muda
1. Sabut kulit kelapa muda bisa dimanfaatkan bahan pembuatan souvenir, bahan bakar, keset dan tali. Namun penggunaan tersebut harus didahului dengan dikeringkan terlebih dahulu di bawah sinar matahari.
2. Tempurung kelapa muda ketika sudah dikeringkan dapat dijadikan souvenir, sumber bahan bakar seperti arang dan berbagai permainan tradisional untuk anak-anak.
3. Daging buah kelapa muda pada khususnya sangat nikmat sebagai santapan ringan di samping menikmati air kelapa muda. Daging buah ini kaya serat dan vitamin serta bisa diolah menjadi berbagai hidangan.
4. Air kelapa muda
Air kelapa muda adalah bagian terpenting dari manfaat kelapa muda. Terdapat berbagai manfaat dari air kelapa muda ini, antara lain adalah sebagai berikut:
  • Bersifat diuretik yang dapat memperlancar pengeluaran air seni. Anda bisa mencampurkan air kelapa dengan sari jeruk sitrun yang berguna mengatasi dehidrasi serta cacingan pada anak-anak.
  • Air kelapa mudapun bermanfaat sebagai obat mengatasi pengaruh obat sulfa dan antibiotik lainnya karena lebih mudah dicerna oleh tubuh jadinya.
  • Air kelapa dapat dicampur dengan susu dan sangat baik untuk anak. Campuran tersebut bermanfaat untuk mencegah penggumpalan susu di dalam perut, sembelit, muntah dan masalah pencernaan lainnya.
  • Air kelapa dapat dicampurkan dengan sedikit madu sebagai tonikum yang murah namun sangat berkhasiat! Ramuan air kelapa dan madu ini berfungsi untuk meningkatkan gairah hubungan suami istri dan stamina tubuh.
  • Manfaat kelapa muda untuk kecantikan diperoleh dari air kelapa muda yang digunakan untuk cuci muka setiap harinya. Air kelapa muda tersebut bermanfaat untuk mengobati jerawat, menghilangkan noda-noda hitam, menghilangkan kerutaan pada wajah, mengatasi kulit kering dan membuat wajah tampak lebih berseri.
  • Air kelapa muda dapat dijadikan sebagai obat luka, eksim dan mengatasi telapak kaki pecah-pecah. Ramuannya sendiri cukup mudah dibuat. Rendam segenggam beras di dalam air kelapa muda dengan menggunakan tempurungnya hingga beras terasa asam. Setelah itu, giling beras hingga jadi bubuk halus. Tepung beras itu dapat dipakai untuk dioleskan pada bagian tubuh yang sakit selama kira-kira 3-4 hari secara teratur.
  • Air kelapa yang dicampur dengan sejumput bubuk kunyit dan air kapur sirih dapat digunakan sebagai obat luka bakar.
Kelapa muda memang banyak manfaatnya. Santannya sendiri juga memiliki banyak kandungan gizi. Namun, perlu diperhatikan untuk santan kelapa muda – haruslah secara seimbang dikonsumsi. Khususnya bagi mereka yang mengalami problem berat badan karena kandungan lemak jenuh yang terdapat di dalamnya.
Namun yang pasti, tanaman kelapa ini memang menakjubkan. Hampir semua bagiannya sangat bermanfaat dan bisa dipakai. Di Indonesia juga pada khususnya tidak sulit untuk menemukan buah kelapa muda sehingga Anda bisa menikmati manfaat kelapa muda untuk kesehatan dan kecantikan. Selamat menikmati dan mencoba berbagai cara mengolah kelapa muda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hi, .. Thank you for visiting and taking your time to read my posts in this blog. Although sometimes I can not always reply to every comment that comes, but I am very happy to receive and read it.

I'm waiting for comments, feedback, emails and sharing your posting. Hope you enjoy visiting my blogspot.
Greetings success!!